Welcome To My Blogs

I HOPE YOU LIKE EVERYTHING AT MY BLOG


ENJOY IT !!!!


(^_^)

Senin, 27 September 2010

Kimchi Di Negara Korea Part. 1

Annyeonghaseyo jal jinae sijyo ??
Salam apa kabar ?? untuk semua pecinta Drama Korea dan Pecinta Budaya Korea...








Nah, ini tulisan yang paling aku sukai. Kenapa ?? karena sekarang kita akan membahas tentang makanan yang paling terkenal di Korea dan sudah populer di dunia. apa itu ?? makanan itu adalah KIMCHI. Sapa sieh yaa yang tidak tahu soal Kimchi, apalagi penggemar serial drama Korea ataupun penggemar kebudayaan Korea. 
{ kalo gak tahu, gaptek dah tuu orang. hhhaaa... lol }


Buat pendahuluan aku akan jelasin apa sieh Kimchi itu ?? Bagaimana membuat Kimchi dan apa saja khasiat dari Kimchi itu sendiri ?? Ayo baca baik- baik yaa sampai beres !!!





                       Kimchi adalah makanan rumahan masyarakat yang wajib dikonsumsi di Negara yang serial dramanya itu keren banget, Korea. Kimchi itu kalau di Indonesia sama saja seperti acar yang biasa kita makan kalau kita makan soto, sate ,dll. bedanya acar itu lebih praktis membuatnya, tidak seperti Kimchi yang mungkin membutuhkan kerjasama untuk membuatnya. Kimchi dibuat awalnya oleh Permaisuri dari Raja Sejong sebagai hidangan untuk perayaan kerajaan. 
{ makanan mewah yaa dulunya.. yiipiee }. Tapi, sekarang dari masyarakat biasapun bisa memakannya.




Kimchi adalah sayur mayur yang pengolahannya secara tradisional. Sebelum diolah, Kimchi digarami dan dicuci lalu diberi berbagai macam bumbu dan rempah- rempah lalu di beri bubuk cabaimerah. Setelah itu Kimchi di taruh di sebuah gentong yang terbuat dari tanah liat lalu dibenamkan ditanah selama minimal 7 bulan dan maksimal selama 3 tahun.  { Wah lama yaa.. hahaha } 


                         Rasa asam yang dihasilkan dari Kimchi itu karena difermentasikan dan rasa pedasnya itu dihasilkan dari bumbu bubuk cabai merah. Kebayangkan rasanya seperti apa. Mirip dengan acar tapi, lebih unik lagi rasanya.


Yang perlu diketahui lagi nih , jika ada pertanyaan kapan saja orang Korea zaman sekarang makan Kimchi ?? apa sama seperti zaman kerajaan dahulu yang hanya memakannya pada saat perayaan saja ?? Jawabannya tidak, kenapa ?? karena pada saat ini seluruh keluarga di Korea selalu menyajikan kimchi seperti hidangan utama. Biasanya Kimchi dimakan bersandingan dengan lauk pauk lainnya seperti soup daging Kimchi, dll. Masyarakat Korea tidak terlalu banyak memakan Kimchi saat musim semi, musim gugur dan musim panas. Tetapi, mereka lebih banyak sekali memakan Kimchi pada saat musim dingin. Hal ini dilakukan dan dipercaya masyarakat disana untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiatnya selain untuk menambah daya tahan tubuh bisa juga memperlancar buang air besar karena Kimchi adalah makanan kaya Probiotik.


                           Menurut hasil penelitian WHO, jenis- jenis Kimchi memiliki total gizi lebih tinggi daripada buah-buahan. Kebanyakan anak- anak kecil di Korea tidak terlalu banyak yang senang mengkonsumsi Kimchi karena rasa asam, asin dan pedasnya. Setelah Kimchi di fermentasikan, jika di udara luar Kimchi bisa bertahan sampai 6 bulan lamanya. Buat anak- anak atau orang dewasa yang susah sekali makan buah- buahan, mungkin jika memakan Kimchi bisa menggantikan total gizinya.


Untuk jenis- jenis Kimchi dan ada berapa banyak jumlah Kimchi di Korea, kita sambung yaa ke tulisan yang selanjutnya, biar kalian tidak begitu bosan membaca tulisan yang kepanjangan. { karena aku juga cepat bosan membaca tulisan yang kepanjangan, wah ?? lol }.




Untuk yang mau kasih komentar atau masukan, silahkan yaa, karena aku menerimanya dengan senang hati. Masukan dan komentar dari orang itu penting loh, karena kita tidak bisa menilai diri sendiri baik  atau tidaknya.








sumber :  www.wikipedia.org/masakankorea
                      
                       www.kompas.com/read/xml/2008/11/19/15182357

Tidak ada komentar:

Posting Komentar