Welcome To My Blogs

I HOPE YOU LIKE EVERYTHING AT MY BLOG


ENJOY IT !!!!


(^_^)

Rabu, 31 Oktober 2012

Istilah kepariwisataan

  1. WISATA : adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu tertentu;
  2. WISATAWAN : adalah orang yang melakukan wisata;
  3. PARIWISATA : adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, Pemerintah, dan Pemerintah Daerah;
  4. KEPARIWISATAAN : adalah keseluruhan kegiatan yang terkait dengan pariwisata dan bersifat multidimensi serta multidisiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan negara serta interaksi antara wisatawan dan masyarakat setempat, sesama wisatawan, Pemerintah, Pemerintah Daerah dan pengusaha.
  5. Akomodosi : Hotel atau tempat menginap wisatawan dalam perjalanan wisatanya
  6. Arunk (Arrival Unknown) : Seseorang yang melakukan penerbangan terusan dari suatu kota ke kota berikutnya, tetapi jadwal kedatangannya sebelum penerbangan terusan ini tidak diketahui, contohnya, seseorang dari kota A akan melakukan penerbangan dari kota B ke kota C, tetapi jadwal kedatangannya dari kota A ke kota B tidak diketahui. 
  7. BB (Bed and Breakfast): Suatu hotel yang menyediakan kamar termasuk makan pagi di hotel tersebut.
  8. Cancellation Fee: Biaya atas pembatalan penggunaan jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti, pembatalan pemesanan hotel, tiket pesawat, paket tour dan lain-lain. 
  9. Check In: Melaporkan diri untuk pemakaian jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti  pada hotel atau pada suatu penerbangan
  10. Check out: Melaporkan diri atas telah berakhirnya pemakaian jasa atau produk wisata yang digunakan 
  11. Confidential tariff: Harga yang berlaku antara pihak-pihak tertentu sesuai dengan harga yang telah disepakati dalam perjanjian yang telah dibuat.
  12. Confirmed: Pemesanan suatu produk atau jasa telah disetujui
  13. Contract Rate: Harga perjanjian antara dua penyedia jasa pelayanan pariwisata
  14. Conveyor belt: Ban berjalan di bandara tempat kita mengambil barang/bagasi
  15. Destination: Destinasi, Daerah yang menjadi tujuan dalam perjalanan wisata.
  16. Entertain: Menjamu dimana maksudnya menjamu partner kerja untuk mempererat hubungan kerja
  17. ETA (Estimate Time Arrival): Perkiraan waktu kedatangan suatu penerbangan.
  18. ETD (Estimate Time Departure): Perkiraan waktu keberangkatan suatu penerbangan
  19. Extra bed: tempat tidur tambahan
  20. Fam Trip: Suatu perjalanan untuk lebih mengenal produk-produk wisata atau destinasi wisata
  21. Free Flow: Secara harfiah diartikan kedalam Bahasa Indonesia berarti mengalir secara bebas, maksudnya adalah semacam tawaran dari perusahaan jasa untuk memberikan pelayanan secara gratis kepada konsumen. Misal pada suatu hotel yang mengadakan suatu acara memberikan free flow soft drink  yang berarti konsumen bisa menikmati soft drink sepuas-puasnya dalam acara tersebut.
  22. Full board: Suatu hotel yang menyediakan penginapan termasuk didalamnya memberi konsumsi (Makan Pagi, Siang dan makan malam) kepada tamunya selama menginap di hotel tersebut.
  23. Full Day Tour: Suatu tour yang berlangsung dalam satu hari penuh.
  24. Go Show: Istilah ini lebih sering di artikan sebagai seseorang yang datang langsung ke Bandara untuk mendapatkan tiket penerbangan tanpa pemesanan sebelumnya
  25. Group rates: Harga kamar suatu hotel yang diperuntukkan bagi suatu rombongan yang datang secara bersama-sama dalam suatu kelompok.
  26. Guest: Tamu/wisatawan
  27. Guide: Dalam bahasa Indonesia lebih familiar di sebut dengan Pramuwisata atau pemandu wisata yang menemani dan memberi informasi kepada wisatawan tentang hal-hal yang dikunjunginya termasuk juga tentang adat-istiadat masyarakat setempat.
  28. Half Day Tour : Lebih sering digunakan dalam suatu paket tour yang maksudnya suatu tour hanya berlangsung hari.
  29. Host: Tuan Rumah
  30. In House Guest: Tamu/wisatawan yang sedang tinggal/menginap di suatu hotel
  31. Infant: Berarti bayi yang di dalam penerbangan biasanya di pendekkan menjadi INF yakni bayi masih berusia di bawah 24 bulan
  32. Itinerary: Jadwal perjalanan secara detail termasuk jadwal kedatangan dan keberangkatan seorang wisatawan
  33. Jet lag: Merupakan suatu perasaan yang sangat lelah sewaktu melakukan penerbangan yang sangat lama
  34. Length of Stay: Jangka waktu berapa lama wisatawan tinggal di suatu hotel
  35. LO (Liaison Officer): Petugas Penghubung/perantara yang membantu pengunjung atau tamu untuk mengantar ketempat-tempat tujuannya 
  36. Lost and Found (LF): Tempat melaporkan diri jika barang/bagasi tertinggal selama penerbangan
  37. No Show:  Seseorang yang telah memesan suatu produk tapi tidak datang pada tanggal pemesanannya tersebut. 
  38. Occupancy: Tingkat Hunian Kamar suatu hotel
  39. Origin: Daerah asal wisatawan
  40. Over Flow Rates: Harga kamar yang sifatnya khusus terutama pada tamu yang dikirim oleh hotel lain, karena hotel yang bersangkutan sedang penuh.
  41. Pick Up Time: Waktu penjemputan wisatawan 
  42. Porter: Petugas resmi di bandara/pelabuhan yang di menawarkan jasa untuk mengangkat barang/bagasi
  43. Porter fee: Uang/biaya untuk jasa porter
  44. Published rate: Harga kamar suatu hotel yang dijual sesuai dengan yang dipublikasikan kepada masyarakat umum.
  45. Refund: Pengembalian atas pembayaran konsumen yang telah membayar suatu produk seperti, paket tour, tiket pesawat, akomodasi dll, karena suatu hal konsumen tersebut membatalkan rencana perjalanannya.
  46. Reservasi: Pemesanan suatu produk atau jasa yang akan digunakan.
  47. Reserved: Suatu produk atau jasa telah dipesan sebelumnya dan telah disetujui.
  48. Rooming List: Daftar jumlah kamar yang akan digunakan oleh suatu grup yang akan menginap di suatu hotel.
  49. Sightseeing: Perjalanan wisata singkat untuk melihat-lihat sekitarnya
  50. Tansfer In: Penjemputan Wisatawan yang baru datang untuk berwisata dari pelabuhan kapal atau dari bandar udara untuk diantar ke tempat penginapannya. 
  51. Transfer Out: Pengantaran tamu dari tempat penginapannya ke pelabuhan kapal atau ke bandar udara karena tamu tersebut sudah mau pulang ke negara kediamannya
  52. Travel Agent Rates : Harga kamar berdasarkan perjanjian antara pihak Travel Agent (Biro Perjalanan) dengan pihak hotel.
  53. Transit: Berhenti sebentar di suatu kota untuk pindah ke penerbangan lain.
  54. Upgrade: Meningkatkan/Menaikkan, misal ketika menginap di standard room di upgrade ke superior room
  55. VIP (Very Importan person) : Orang Penting yang ikut dalam suatu paket wisata seperti seorang komisaris perusahaan atau seorang pejabat pemerintahan dan lain-lain
  56. Voucher: Tanda bukti yang digunakan oleh konsumen untuk mengklaim jasa yang telah dipesannya atau didapatnya kepada perusahaan yang menyediakan jasa sesuai yang tertera di dalam voucher tersebut, dan perusahaan yang bersangkutan akan menagih pembayaran kepada pihak yang menerbitkan/issued voucher
  57. Walk In Guest: Tamu yang datang sendiri ke hotel tanpa melalui penyedia jasa seperti Travel Agent ataupun melalui jasa seseorang
  58. Weekend rates: Harga kamar yang berlaku untuk akhir pekan seperti pada hari sabtu dan hari minggu
  59. Window seat: Tempat duduk yang letaknya tepat dekat jendela
  60. Window shopping: Pergi ke pusat-pusat perbelanjaan hanya sekedar melihat-lihat

credit :
http://www.wisatakandi.com/2012/07/istilah-dan-singkatan-dalam-industri.html  
http://caretourism.wordpress.com/2010/08/12/pengertian-dasar-kepariwisataan/ 




Kelompok : Ririen Putri Rakhmayanty (16610014)
                    Allia Dwi meisitha (10610567)
                    Devi novitasari (11610881)
Class         : 3SA03
Fakultas    : Sastra - Sastra Inggris - Universitas Gunadarma
                               

           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar