Welcome To My Blogs

I HOPE YOU LIKE EVERYTHING AT MY BLOG


ENJOY IT !!!!


(^_^)

Rabu, 26 Oktober 2011

Peranan Keluarga Dalam Membentuk Kepribadian Anak


              

              Lingkungan memiliki peran penting dalam kepribadian anak. Khususnya lingkungan keluarga. Kedua orang tua adalah pemain peran penting ini. Lingkungan keluarga adalah sebuah awal kehidupan bagi setiap manusia. Dikarenakan bahwa pentingnya pengaruh keluarga dalam pendidikan anak dalam beberapa masalah seperti masalah aqidah, budaya, norma, emosional dan sebaginya. Keluarga menyiapkan sarana pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak sejak dini. Dengan kata lain kepribadian anak tergantung pada pemikiran dan perlakuan kedua orang tua dan lingkungannya dan tidak lepas dengan etika dan penyampaian sesuatu dari kedua orang tua tersebut.

              Ayah dan ibu adalah teladan pertama bagi pembentukan pribadi anak. Keyakinan-keyakinan, pemikiran dan perilaku ayah dan ibu dengan sendirinya memiliki pengaruh yang sangat dalam terhadap pemikiran dan perilaku anak. Karena kepribadian manusia muncul berupa lukisan-lukisan pada berbagai ragam situasi dan kondisi dalam lingkungan keluarga.

(*) Peran kedua orang tua dalam mewujudkan kepribadian anak


1. Kedua orang tua harus mencintai dan menyayangi anak-anaknya.
Ketika anak-anak mendapatkan cinta dan kasih sayang cukup dari kedua orang tuanya, maka
Saat mereka terkena masalah di dalam atau di luar kehidupan atau lingkungan keluarga, mereka bisa mengatasinya dengan baik karena ada dukungan kasih sayang dan cinta dari kedua orangtuanya.

2. Kedua orang tua harus menjaga ketenangan lingkungan rumah dan menyiapkan ketenangan jiwa anak-anak.
Hal ini dapat membantu anak menjadi lebih kreatif dan berfikir secara dewasa,logis dan bijaksana. Karena lingkungan berdampak besar terhadap siklus perkembangan anak.

3. Saling menghormati antara kedua orang tua dan anak-anak.
Saling menghormati artinya dengan mengurangi kritik dan pembicaraan negatif sekaitan dengan kepribadian dan perilaku mereka serta menciptakan kasih sayang dan keakraban, dan pada waktu yang bersamaan kedua orang tua harus menjaga hak-hak mereka yang terkait dengan diri mereka dan orang lain. Kedua orang tua harus bersikap tegas supaya mereka juga mau menghormati sesamanya.

4. Mewujudkan kepercayaan.
Menghargai dan memberikan kepercayaan terhadap anak-anak berarti memberikan penghargaan dan kelayakan terhadap mereka, karena hal ini akan menjadikan mereka maju dan berusaha serta berani dalam bersikap. Kepercayaan anak-anak terhadap dirinya sendiri akan menyebabkan mereka mudah untuk menerima kekurangan dan kesalahan yang ada pada diri mereka. Mereka percaya diri dan yakin dengan kemampuannya sendiri. Dengan membantu orang lain mereka merasa keberadaannya bermanfaat dan penting.


5. Mengadakan perkumpulan dan rapat keluarga.
Hal ini di maksudkan agar ada keterkaitan atau hubungan lebih khusus antara orangtua dan anak. Momen ini juga bisa di gunakan untuk saling tanya jawab, bercerita tentang masalah atau kejadian yang menarik bagi diri anak maupun orangtua. Seperti sesi curhat. Hal ini juga bisa lebih mendekatkan hubungan orangtua dan anak. Psikis yang di terima oleh anak pun menjadi bagus daripada tidak mengadakan perkumpulan keluarga sama sekali.

(*) Peran keluarga dalam mendidik anak

Tugas mendidik anak adalah tugas utama yang sangat besar perannya terhadap kesuksesan keluarga. Sekaya dan sesukses apapun kehidupan sebuah keluarga, bisa menjadi tak berarti apa-apa ketika anak kita ternyata tidak bisa menjadi pribadi seperti yang diharapkan orangtua, bahkan terjerumus kedalam jurang kesalahan dan kemaksiatan. Maka dari itu Orang Tua amat sangatlah penting perannya dalam membangun,mendidik kepribadian anak. Jika sebagai orangtua tidak bisa mendidik anak dengan benar maka ini akan berdampak buruk bagi perkembangan kepribadian anak, tapi sebaliknya jika setiap orangtua mampu dan mau mendidik anak dengan sangat baik, maka hasil dari kepribadian anak pun menjadi baik. Karena tidak bisa di pungkiri bahwa anak adalah cerminan dari orangtua tersebut.



source : www.google.com/familysimpsons
             www.google.com/peranankeluargadalammembentukkepribadiananak

1 komentar:

  1. syukronnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn tp kurang puasssssssss

    BalasHapus