Welcome To My Blogs

I HOPE YOU LIKE EVERYTHING AT MY BLOG


ENJOY IT !!!!


(^_^)

Rabu, 26 Oktober 2011

Mengidentifikasi Masalah Sosial Beserta Solusinya


              






               Identifikasi Masalah Sosial Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat. Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya. Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain : a. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll. b. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll. c. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb d. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.

(*) Kemiskinan
Kemiskinan bukan masalah baru lagi di negara ini ataupun di negara lain. Hal ini bisa kita lihat dan kita buktikan bahwa masalah kemiskinan masih banyak merajalela di negara- negara besar sekalipun. Kemiskinan juga merupakan salah satu masalah yang sampai saat ini masih susah di hadapi. Perbedaan yang mencolok dari orang yang kaya dan miskin sangatlah besar. Di negara kita seseorang yang kaya akan menjadi sangat kaya dan yang miskin masih akan miskin atau bertambah miskin. Hal ini bisa terjadi karena tidak adanya pemerataan yang sesuai yang dilakukan oleh pemerintah atau pribadi seseorang. Faktor sulit mencari pekerjaan juga menambah faktor kemiskinan di negara ini. Selain itu biaya kebutuhan pokok yang sangat mahal tidak sesuai dengan pemasukan biaya setiap pribadi seseorang. Solusi yang bisa di berikan untuk mengatasi kemiskinan ini adalah bahwa kita harus mawas diri jika kita mempunya harta yang lebih untuk sedikit membagikannya kepada orang lain yang membutuhkan. Pemerintah juga harus ambil bagian, dan ini sangat wajib di lakukan dengan cara menyediakan lapangan pekerjaan yang banyak agar orang- orang tidak ada yang menganggur, karena pengangguran juga awal dari sebuah kemiskinan. Setelah itu menimbang- nimbang harga di setiap kebutuhan primer,sekunder,tersier yang di butuhkan oleh setiap masyarakat dimana yang harus naik atau tidak. Karena kebutuhan setiap orang berbeda maka dari itu kita pun harus menyesuaikannya. Menghilangkan mencoloknya batas antara kemiskinan dan yang kaya agar tidak terjadi kecemburuan sosial.

(*) Kebodohan
Kebodohan adalah sesuatu hal yang sangat mengerikan di dunia ini. Bahkan jika di setiap negara terjadi kebodohan yang sangat besar hal ini akan berdampak buruk bagi negara tersebut. Kebodohan di sebabkan karena tidak adanya pemerataan dalam hal pendidikan. Kita juga tidak bisa mengganggap hal ini dengan remeh. Solusi yang bisa diberikan untuk masalah kebodohan ini adalah adanya pemerataan pendidikan di kota ataupun di daerah. Pendidikan didaerah seringkali tertinggal karena kurangnya sarana informasi ataupun yang lainnya. Banyak orang yang pintar di dalam negeri juga lari keluar negeri karena mereka merasa tidak dihargai oleh negeri sendiri. Hal ini  juga berdampak besar dalam kebodohan. Kebodohan biasanya terjadi ataupun banyak di kalangan masyarakat kalangan bawah. Di desa pada umumnya banyak sekali masyarakat yang tidak bisa menulis atau membaca di karenakan tidak adanya sarana seperti buku ataupun pengajar.  Pengajar pun enggan untuk mengajari mereka yang ada di desa karena beranggapan upah yang diterima sangat kecil dibanding di perkotaan, oleh karena itu, sebisa mungkin pemerintah menyediakan sekolah- sekolah gratis bagi mereka yang kurang mampu untuk bersekolah. Untuk para tenaga pengajar pun sebaiknya adanya kerelaan untuk mengajar walaupun upah yang di terima sedikit ataupun tidak di bayar sama sekali. Salah satu hal yang membuat sebuah negara hancur adalah Kemiskinan dan Kebodohan.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar